Komunitas ini diperkenalkan ketika menjadi mahasiswa baru tahun 2018/2019 Universitas Muhammadiyah Malang, komunitas fotografi dengan nama yang menggema yaitu Jurnalistik Fotografi Club (JUFOC) , komunitas foto yang dulunya adalah bentukan dari mahasiswa komunikasi, tetapi sekarang sudah berada didalam naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.Bukan rahasia lagi bila mendengar kata JUFOC ini tidak luput dengan karya-karyanya yang begitu indah dan juga dapat menyihir mata.

Sebagai persyaratan menjadi anggota baru di jufoc adalah mewajibkan untuk mengikuti orientasi dasar atau biasa disebut ordas jufoc. Dilaksanakan biasanya selama 3 hari pada tahun ini bertempat di desa Ranu Pani Kabupaten Lumajang dari tanggal 19-21 Oktober 2018 Ordas JUFOC memulai hari itu dengan penuh semangat.

Diawali dengan pengenalan organisasi yang meyakinkan para anggota baru bahwa JUFOC adalah tempat terbaik bagi kami untuk belajar. Bukan hanya tentang fotografi, JUFOC adalah tempat beroganisasi yang tepat serta pengenalan terhadap ketua umum JUFOC yaitu Andri Yoga serta anggota-anggota penuh lainnya.

Jumat, 19 Oktober 2018 pukul 1 siang kami para anggota baru berkumpul di depan DOME UMM. pembukaan Orientasi Dasar JUFOC dilakukan oleh ketua pelaksana yaitu mas juwandy sebagai ketua pelaksana ordas tahun 2018 dengan berslogan “ Be Different Make It Simple”.

Peserta Ordas JUFOC memuai hari pertama dengan melakukan materi tentang komponen-komponen, jenis-jenis dan tatacara berfotografi yang benar serta dibawakan oleh mas Ais.

Dilanjut keesokan harinya, kami para anggota baru kembali mengikuti serangkaian acara yaitu hunting yang ditemani oleh pendamping dari kakak-kakak JUFOC dilakukan di sekitar desa Ranu Pani . yang bertemakan dari materi yang dibawakan kemarin malam.

Dengan penuh semangat serta serunya hunting tersebut membuat kami para anggota muda lupa akan habisnya waktu yang termakan oleh indahnya suasana. Selesai hunting lanjut malam hari kami para anggota muda berpresentasi foto dari hunting yang sudah didapatkan.

Sama seperti hari sebelumnya, kami dengan wajah penuh rasa ingin tahu mengikuti materi yang disampaikan oleh anggota penuh JUFOC itu. Diselingi dengan tawa dan canda, kegiatan Ordas berlangsung seru. Berbagai acara dilaksanakan pada hari terakhir ini seperti pensi dari kelompok-kelompok serta lomba yel-yel yang tentunya sangat seru.

Pada Malam terakhir tepatnya tepat tengah malam kami para anggota baru dibangunkan untuk mengikuti malam keakraban yang pada malam itu udara sangat dingin,kami para anggota baru menutup mata dan mendengarkan renungan dan motifasi yang dilakukan oleh ketua umum JUFOC yaitu mas Andri.

Ordas hari ketiga ini menjadi penutup minggu ke tiga kami para anggota baru di bulan Oktober, yang sangat sulit dilupakan walaupun hanya selama tiga hari tetapi rasa kekeluargaannya begitu sangat erat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *