Pada tanggal 26 April 2019, berlokasi di Kota Blitar, Jawa Timur. Telah berlangsung acara Hunting Besar yang dilakukan setiap tahun oleh JUFOC (Jurnalis Fotografi Club) Universitas Muhammadiyyah Malang. Acara yang berlangsung mulai tanggal 26-28 April 2019 ini mengambil tema “ANGLUR SELUR BLITAR”

Kegiatan ini berlangsung pada jam 10.00 WIB di Sekret JUFOC, yang diawali oleh sambutan oleh Bapak Rahadi selaku Pembina JUFOC yang menghimbau peserta untuk berhati-hati dan tidak terpisah oleh rombongan. Tidak lupa juga, Farah sebagai ketua pelaksana yang menerangkan jadwal acara, khususnya hari pertama. Selanjutnya para peserta dipersilahkan naik ke bus untuk melakukan perjalanan ke Blitar.

Sekitar pukul 13.30 WIB peserta tiba di Candi Penataran yang dimana tempat ini adalah spot pertama untuk memulai hunting. Tidak perlu takut ketika tidak bisa atau masih ingin belajar dalam dunia fotografi, karena dihunting ini ditemani oleh beberapa pendamping yang siap menuntun dan mengarahkan tata cara mengambil frame yang baik. Hasil foto akan ditampilkan dan dipresentasikan oleh pengkarya setelah hunting selesai.

Hari kedua hunting dilakukan di Istana Gubeng yang dimana adalah rumah kediaman mantan Presiden Soekarno di Kota Blitar. Dilanjutkan spot selanjutnya yaitu Makam Bung Karno, tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung yang ziarah. Pengunjung saling bergantian memanjatkan doa karena ruang ditempat ini cukup sempit. Spot terakhir di hari kedua yang peserta kunjungi adalah tempat perajin Kendang Jimbe yang merupakan kerajinan khas wisata Kota Blitar. Selain hunting yang dilakukan peserta dari tempat-tempat sejarah ini, peserta juga mendapatkan banyak pengetahuan tentang sejarah.

Hari Ketiga adalah hari terakhir peserta menghabiskan waktu di Blitar. Spot yang dikunjungi adalah Kampung Gerabah yang dikenal sebagai pusat perajin gerabah di Kabupaten Blitar. Kampung perajin yang berbahan tanah liat ini menjadi wisata edukasi. Disini peserta tidak hanya sekedar diperlihatkan cara pembuatannya, bahkan diajarkan dan diberi kesempatan untuk mencobanya. Setelah puas hunting ditempat ini, peserta menuju perjalanan ke Pantai Blitar untuk melakukan refresing dan bermain beberapa games.

Hasil hunting tidak disimpan dikamera begitu saja, dilanjutkan dengan pameran yang berjudul “SADANUR” yang artinya cahaya proklamator. Pameran ini diselenggarakan pada tanggal 16-19 Mei 2019. Acara yang berlansung empat hari ini dilaksanakan di Maksimal Coffe and Gallery.

Naskah oleh : Chu Livia

Foto : Doc. JUFOC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *